Langsung ke konten utama

Mau Jadi Investor Properti? 15 Istilah Penting Ini Harus Anda Ketahui!


Mau Jadi Investor Properti? 15 Istilah Penting Ini Harus Anda Ketahui!

Bisnis di dunia properti memang tidak pernah sepi. Bagaimana tidak? Residensial (hunian) hingga bangunan komersial adalah properti yang dibutuhkan oleh setiap orang. Hal inilah yang membuat potensi investasi properti terus hidup.

Namun, memulai investasi properti bukanlah hal yang mudah. Selain melakukan analisa terhadap aset properti yang akan diinvestasikan, Anda pun harus menyiapkan strategi yang matang serta mendalami seluk beluk dunia sektor ini.

Salah satu hal yang harus Anda pahami sebelum terjun ke dunia properti adalah istilah-istilah yang sering digunakan. Dilansir dari Amethyst Tower, berikut adalah kumpulan istilah dalam dunia properti yang harus Anda pahami.

 

Istilah-Istilah dalam Properti

 

Superblok


Kawasan superblok disebut juga sebagai kota mandiri merupakan kawasn yang mengintegralkan berbagai fungsi di dalamnya, mulai dari fasilitas perkantoran, perdagangan, pemukiman, hingga rekreasi. Letaknya yang ada di dalam kota membuat kawasan ini mendapat julukan ‘kota di dalam kota’ atau city within city.

Broker


Broker adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli properti.

Sunrise Property


Istilah ini merujuk pada properti baru yang berkembang dan nilainya naik dengan stabil. Jika mengacu pada lokasi, sunrise property terletak di kawasan baru yang berkembang dan stabil, atau kawasan modern yang baru direhabilitasi.

Sunset Property


Kebalikan dari sunrise property, istilah ini merujuk pada properti berusia tua yang kualitasnya menurun dan jelek.

Loss Transaction


Menunjukkan adanya biaya yang hilang saat membeli properti yang disebabkan biaya-biaya tak terduga, seperti pembayaran biaya broker atau marketing dan pembayaran pajak.

Capital Gain


Merupakan keuntungan atau laba yang diperoleh dari hasil penjualan properti yang nilainya lebih besar dibanding harga pembelian.

Yield


Istilah ini menunjukkan keuntungan yang didapat dari investasi properti. Dihitung dengan membagi nilai sewa per tahun dan harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

Indent


Indent artinya pembelian dengan pemesanan terlebih dahulu.

Earlybird


Membeli properti saat baru dipasarkan pengembang. Biasanya pengembang menawarkan harga khusus dengan sejumlah kemudahan dan diskon.

Okupansi


Istilah ini merujuk pada sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti.

BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan)


Merupakan pungutan atas perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan yang besarnya adalah 5% dari nilai perolehan objek pajak.

BBN (Bea Balik Nama)


Yaitu biaya yang dikeluarkan atas perubahan/pembalikan nama dari penjual ke pembeli yang dilakukan oleh notaris yang disepakati.

Booming Property


Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi terjadinya peningkatan aktivitas investasi properti yang tinggi. Dengan kata lain, properti sedang laris manis banyak dibeli banyak orang.

NJOP (Nilai Jual Objek Pajak)


Yaitu harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi. Jika tidak terdapat transaksi jual beli, NJOP dapat ditentukan melalui perbandingan harga dengan obyek lain yang sejenis, nilai perolehan baru, atau dengan NJOP Pengganti.

Cost and Fee


Istilah ini menunjukan sistem yang diberlakukan kontraktor untuk pengerjaan pembangunan suatu proyek berdasarkan bagi hasil, dimana harga material, desain dan upah tenaga kerja, mengikuti atau dapat berubah selama proyek belum selesai.

Nah, itulah 15 istilah dalam properti yang harus Anda pahami sebelum mendalami menjadi investor properti. Meski keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan, Anda tidak boleh terlena untuk menjalankannya tanpa memiliki bekal. Ke-15 istilah di atas setidaknya akan membuka wawasan Anda mengenai investasi properti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Broker Asuransi Terbaik di Indonesia

Jika Anda bingung dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda, maka menggunakan jasa broker asuransi terbaik di Indonesia merupakan pilihan yang tepat, karena dengan menggunakan jasa broker asuransi dapat membantu Anda menghemat waktu dan berkonsentrasi pada pekerjaan Anda,  Anda juga tidak perlu mengisi Application form dan Anda dapat memperoleh pelayanan gratis dalam hal analisa risiko, pencegahan kerugian, pemeriksaan polis dan lain-lain. Broker asuransi adalah suatu badan hukum yang dibentuk untuk membantu masyarakat dalam membeli produk asuransi, dan mendampingi pada saat terjadi klaim, dimana masyarakat tertanggung sangat awam dengan kondisi dan persyaratan polis asuransi dan disisi lain pihak perusahaan Asuransi sangatlah paham. Tips memilih Broker Asuransi Terbaik di Indonesia: 1. Perhatikan kredibilitas perusahaan broker asuransi tersebut Apakah kredibilitas perusahaan broker tersebut baik atau tidak, perhatikan juga kualitas dan pelayanan yang diberika…

Hunian vs Mobil. Mana yang Harus Dibeli Lebih Dulu?

Semua orang pasti memiliki target pencapaian dalam kehidupannya. Biasanya, hunian dan mobil adalah dua hal yang sangat didambakan. Sayangnya, tak semua orang berkesempatan untuk memiliki kedua hal prestisius tersebut. Tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa memiliki keduanya sekaligus menjadi alasannya.
Namun, jika Anda memiliki uang dan berkesempatan untuk memiliki salah satunya, manakah yang akan Anda beli lebih terlebih dahulu?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan, mulai dari faktor kebutuhan, kondisi keuangan dan juga tujuan pembelian. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan yang dilansir dari Olympic Residence di bawah ini.
Beli Mobil Dulu
Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah seberapa besar kebutuhan Anda akan transportasi darat ini. Apakah mobil akan digunakan untuk keperluan sehari-hari atau digunakan untuk mencari penghasilan tambahan?
Jika niat Anda membeli mobil adalah se…

Nggak Kalah Kece, 4 Tempat Wisata Sentul Ini Wajib Anda Datangi!

Belum tau mau pergi kemana akhir pekan ini? Mau coba pergi ke tempat baru tapi bingung mau kemana?
Dilansir dari Olympic Residence, ada beberapa tempat wisata Sentul yang bisa menjadi referensi untuk mengisi akhir pekan Anda dan keluarga. Selain karena suasananya yang masih sejuk dan asri, tempat-tempat ini juga memiliki spot-spot foto menarik lho.
Penasaran dimana saja tempat tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Sentul Paradise ParkTempat wisata di Sentul yang satu ini cukup instagramable dan dibuka untuk umum. Salah satu spot foto yang menarik di sini adalah hutan pinus. Ada juga air terjun yang menjadi daya tarik utama para pengunjung.
Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa mencoba wahana flying fox dan bermain air di kolam renang yang tersedia. Nah setelah lelah bermain, Anda bisa makan di restoran yang ada di Sentul Paradise Park.
Villa Aman D'siniSesuai namanya, Villa Aman D'sini adalah sebuah villa dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk dekat perkotaan. S…