Langsung ke konten utama

Mau Jadi Investor Properti? 15 Istilah Penting Ini Harus Anda Ketahui!


Mau Jadi Investor Properti? 15 Istilah Penting Ini Harus Anda Ketahui!

Bisnis di dunia properti memang tidak pernah sepi. Bagaimana tidak? Residensial (hunian) hingga bangunan komersial adalah properti yang dibutuhkan oleh setiap orang. Hal inilah yang membuat potensi investasi properti terus hidup.

Namun, memulai investasi properti bukanlah hal yang mudah. Selain melakukan analisa terhadap aset properti yang akan diinvestasikan, Anda pun harus menyiapkan strategi yang matang serta mendalami seluk beluk dunia sektor ini.

Salah satu hal yang harus Anda pahami sebelum terjun ke dunia properti adalah istilah-istilah yang sering digunakan. Dilansir dari Amethyst Tower, berikut adalah kumpulan istilah dalam dunia properti yang harus Anda pahami.

 

Istilah-Istilah dalam Properti

 

Superblok


Kawasan superblok disebut juga sebagai kota mandiri merupakan kawasn yang mengintegralkan berbagai fungsi di dalamnya, mulai dari fasilitas perkantoran, perdagangan, pemukiman, hingga rekreasi. Letaknya yang ada di dalam kota membuat kawasan ini mendapat julukan ‘kota di dalam kota’ atau city within city.

Broker


Broker adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli properti.

Sunrise Property


Istilah ini merujuk pada properti baru yang berkembang dan nilainya naik dengan stabil. Jika mengacu pada lokasi, sunrise property terletak di kawasan baru yang berkembang dan stabil, atau kawasan modern yang baru direhabilitasi.

Sunset Property


Kebalikan dari sunrise property, istilah ini merujuk pada properti berusia tua yang kualitasnya menurun dan jelek.

Loss Transaction


Menunjukkan adanya biaya yang hilang saat membeli properti yang disebabkan biaya-biaya tak terduga, seperti pembayaran biaya broker atau marketing dan pembayaran pajak.

Capital Gain


Merupakan keuntungan atau laba yang diperoleh dari hasil penjualan properti yang nilainya lebih besar dibanding harga pembelian.

Yield


Istilah ini menunjukkan keuntungan yang didapat dari investasi properti. Dihitung dengan membagi nilai sewa per tahun dan harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

Indent


Indent artinya pembelian dengan pemesanan terlebih dahulu.

Earlybird


Membeli properti saat baru dipasarkan pengembang. Biasanya pengembang menawarkan harga khusus dengan sejumlah kemudahan dan diskon.

Okupansi


Istilah ini merujuk pada sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti.

BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan)


Merupakan pungutan atas perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan yang besarnya adalah 5% dari nilai perolehan objek pajak.

BBN (Bea Balik Nama)


Yaitu biaya yang dikeluarkan atas perubahan/pembalikan nama dari penjual ke pembeli yang dilakukan oleh notaris yang disepakati.

Booming Property


Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi terjadinya peningkatan aktivitas investasi properti yang tinggi. Dengan kata lain, properti sedang laris manis banyak dibeli banyak orang.

NJOP (Nilai Jual Objek Pajak)


Yaitu harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi. Jika tidak terdapat transaksi jual beli, NJOP dapat ditentukan melalui perbandingan harga dengan obyek lain yang sejenis, nilai perolehan baru, atau dengan NJOP Pengganti.

Cost and Fee


Istilah ini menunjukan sistem yang diberlakukan kontraktor untuk pengerjaan pembangunan suatu proyek berdasarkan bagi hasil, dimana harga material, desain dan upah tenaga kerja, mengikuti atau dapat berubah selama proyek belum selesai.

Nah, itulah 15 istilah dalam properti yang harus Anda pahami sebelum mendalami menjadi investor properti. Meski keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan, Anda tidak boleh terlena untuk menjalankannya tanpa memiliki bekal. Ke-15 istilah di atas setidaknya akan membuka wawasan Anda mengenai investasi properti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana