Langsung ke konten utama

Yukk Mengenal Asuransi Kendaraan Bermotor!!!



Di zaman modern seperti sekarang ini siapa sih yang tak kenal dengan Asuransi? Tentunya kalian sudah mengetahuinya kan apa itu asuransi atau ada yang belum tahu apa itu asuransi? Nah, begini penjelasannya menurut Wikipedia.  Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa asuransi merupakan jenis perlindungan untuk jiwa, properti, kesehatan dan adapun jenis perlindungan lainnya seperti kendaraan, pengangukatan barang, perjalanan dan masih banyak lainnya. Untuk kali ini kita akan membahas tentang asuransi kendaraan yang lebih tepatnya asuransi kendaraan bermotor.

Menurut artinya asuransi kendaraan bermotor adalah suatu produk asuransi dan bentuk pertanggungan yang menjamin tertanggung hingga mobil atau sepeda motor dalam terjadinya risiko kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan dari berbagai macam kejadian seperting: tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terpelosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran dan kerusakan yang terjadi selama di atas kapal penyebrangan (ASDP).

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor
Asuransi kendaraan bermotor adalah jenis pertanggungan yang seperti pada umumnya yaitu memiliki macam jenis pertanggungan yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan:

1. Asuransi Kendaraan Bermotor All Risk

Jenis asuransi kendaraan bermotor yang satu ini biasa juga disebut sebagai asuransi kendaraan bermotor comprehensive yaitu jenis pertanggungan yang meng-cover semua kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan, pencurian, hingga kebakaran yang mana pihak asuransi akan menanggung seluruh risiko untuk pembiayaan perbaikan terhadap kendaraan bermotor kalian. Selain itu asuransi all risk pun akan menjamin tanggung jawab hukum tertanggung(kalian) terhadap kerugian yang diderita pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor kalian.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor TLO

Jenis asuransi kendaraan bermotor TLO atau Total Loss Only adalah jenis pertanggungan yang hanya menjamin terhadap kehilangan kendaraan karena pencurian dan kerusakan. Di mana kerusakan atau kerugian yang dialami oleh kendaraan bermotor mengalami pembiayaan perbaikannya melebihi 75% dari nilai pasar.

Perlu kalian ketahui selain risiko-risiko di atas yang dapat dijamin oleh pihak asuransi ada juga lho risiko yang tidak dijamin oleh pihak perusahaan asuransi kendaraan bermotor misalnya, kerugian yang diakibatkan unsur kesengajaan, kerusakan dan kehilangan yang disebabkan karena penggelapan serta kelebihan muatan barang.

Jika dilihat dari para nasabahnya jenis asuransi kendaraan bermotor All Risk atau Comprehenship adalah jenis asuransi yang banyak dipakai pada kendaraan jenis mobil penumpang. Sedangkan jenis asuransi TLO banyak digunakan untuk kendaraan angkutan barang dan sepeda motor.

Untuk kalian yang belum dan ingin memiliki asuransi kendaraan bermotor berikut ini beberapa tips untuk memilihnya:

1. Pertimbangkan Reabilitas Perusahaan
2. Cek Rasio Keluhan Pelanggan
3. Mintalah Rekomendasi Pihak Dealer
4. Sesuaikan Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dengan Kebutuhan
5. Pilih Produk Asuransi yang Paling Tepat
6. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Untuk cara pengajuan klaimnya sendiri kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Hubungi Perusahaan Asuransi Kendaraan Bermotor Dimana Kalian Terdaftar
2. Siapkan Dokumen Yang Diperlukan Seperti:
  • Laporan kerugian, termasuk kronologis kejadian
  • Fotocopy:
  • Polis, sertifikat, lampiran
  • SIM pengemudi pada saat kejadian
  • STNK
  • KTP tertanggung
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian (jika kendaraan hilang)
3. Bertemu dengan Surveyor dan Mengisi Formulir Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor
4. Datangi Bengkel Rekanan
5. Pihak Asuransi Menerbitkan Surat perintah kerja (SPK) ke Bengkel

Perlu kalian ingat, apabila kendaraan kalian mengalami kerugian maka segeralah ajukan klaim sebelum lewat batas waktu maksimal klaim, karena jika kalian mengajukan klaim dan akhirnya lewat dari batas waktu klaim kalian tidak dapat diterima dan akan hilang dengan percuma.

Penting untuk diingat ya, bahwa asuransi kendaraan bermotor adalah jenis asuransi yang perlu kalian prioritaskan juga karena apabila kalian memiliki asuransi ini  aset yang dimiliki mendapat jaminan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Kita tidak dapat memperkirakan hal-hal buruk yang akan terjadi, baik itu kecelakaan, kehilangan, bencana alam, dan berbagai musibah lainnya. Dengan banyaknya pihak pemberi jasa asuransi kendaraan bermotor saat ini, tentunya kita dapat memilih asuransi dengan besarnya premi yang berbeda-beda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana