Langsung ke konten utama

6 Tips Memilih Apartemen Ini Bikin Kamu Sadar!

Tips Memilih Apartemen



Memiliki hunian yang nyaman tanpa harus terkena macet setiap hari merupakan impian semua orang, terutama bagi warga Jakarta. Namun sayangnya ketersediaan tanah di Jakarta semakin berkurang. Hal ini membuat sebagian warga Jakarta beralih ke high rise building alias apartemen.
Apartemen biasanya dipilih karena lokasinya yang cukup strategis, dan tidak terlalu jauh dari lokasi kerja. Namun saat ini pembangunan apartemen mulai beralih ke wilayah sekitar Jakarta seperti Sentul, Ciputat dan Serpong.
Lalu apa saja yang perlu jadi bahan pertimbangan sebelum memilih apartemen? Semoga 7 tips ini bisa membantu kamu.

6 Tips Memilih Apartemen Terbaik

1. Pelajari Sejarah Developer

Kelancaran pembangunan apartemen bergantung pada developer, oleh karena itu carilah develepor yang tidak bermasalah. Pelajari rekam jejak pembangunan developer melalu i projek yang sudah dibangun sebelumnya.
Pada tahap ini developer sebaiknya sudah mengantongi 3 ijin yaitu:
·          Mengantongi ijin Site Plan
·         Jelas gambar teknisnya
·          Tanah sudah dikuasai developer

2. Sertifikat Bangunan

Jangan lupa mengenai sertifikat seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yangd dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT). Jangan lupa cek juga sertifikat yang nantinya akan Anda terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

3. Lokasi Apartemen

Tips memilih apartemen lainnya yaitu, sebelum beli apartemen sebaiknya kamu survey lokasi terlebih dahulu. Untuk memastikan apakah lokasi apartemen cukup dekat dengan tempat kerja. Bagaimana kemudahan akses transportasinya?
Lokasi unit apartemen berada di lantai berapa, melihat view apa, jarak terhadap lift dan tangga kebakaran, jendela menghadap matahari siang (Barat) atau tidak, serta lain sebagainya
Anda juga bisa mengecek kondisi lingkungan sekitar. Apakah dekat dengan sekolah, rumah sakit, atau pun pusat perbelanjaan?
Jangan sampai setelah Anda membeli apartemen, Anda baru tau kalo ternyata lokasi apartemen dekat dengan diskotik ataupun tempat-tempat hiburan malam lainnya, karena hal itu akan mengganggu ketenangan Anda ketika beristirahat.
Selain itu sebuah wilayah akan lebih berkembang jika terdapat moda transportasi massal yang lebih efisien. Salah satunya wilayah di Sentul, Bogor. Wilayah ini akan menjadi wilayah sunrise properti dikarenakan adanya pembangunan LRT.
Selain itu wilayah di Sentul masih tergolong asri dan sejuk jika dibandingkan dengan lingkungan di Jakarta.

4. Kenali Fasilitas Pendukung

Kenali fasilitas-fasilitas umum disekitar tempat Anda tinggal seperti seberapa dekat apartemen dengan stasiun LRT, halte bus, rumah sakit, kantor polisi, sekolah, kampus, minimarket, pusat perbelanjaan, dan pusat perkantoran. Karena hal itu dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih apartemen.

5.Carilah Apartemen yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ada berbagai macam jenis apartemen, ada yg unfurnished ( tidak ada furniture sama sekali), semi furnished dan full furnished.
Selain itu ada juga ukuran apartemen, diantaranya tipe studio merupakan tipe terkecil, terdiri dari 1 ruangan serbaguna dan 1 kamar mandi. Tipe 1 bedroom terdiri dari 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga dan 1 kamar mandi. Terakhir tipe 2 bedroom terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga dan 1 kamar mandi.
Dalam memilih apartemen, pilihlah apartemen yang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Jangan sampai hanya karena gengsi kamu kesulitan untuk membayar cicilan.

6. Cara Pembelian Apartemen


Ada 3 cara pembelian apartemen, yaitu cash/ tunai, diangsur sesuai kesepakatan developer (cash bertahap) dan  Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Beberapa perusahaan ada yang membolehkan membayar DP melalui angsuran. Setelah angsuran lunas baru kamu bisa mendapat dokumen PPJB ( Perjanjian Pengikatan Jual Beli). https://www.olympicresidence-sentul.com/article/tips/11-tips-memilih-apartemen-yang-harus-anda-perhatikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana