Langsung ke konten utama

5 Solusi Kitchen Set Tahan dari Serangan Rayap


Sebelum mengetahui bagaimana solusi agar kitchen set bisa tahan terhadap rayap, maka Anda harus tahu dulu bagaimana perilaku rayap. Rayap biasa bersarang secara bergerombol dan memakan kayu perabot ataupun rumah. Rayap biasa hidup di tempat yang gelap dan lembab serta dengan suhu hangat sehingga kitchen set adalah lokasi tepat untuk mereka.

Solusi Kitchen Set Anti Rayap

1. Lakukan Pengendalian Rayap

Jika bahan yang dipilih kayu solid, pengendaliannya adalah dengan mengoleskan bahan alami seperti oli, solar, air sabun, air cucian beras, dan kapur barus. Anda juga bisa menggunakan bahan kimia jika diperlukan.
Hubungi tenaga ahli untuk memastikan rumah dan tempat pemasangan kitchen set bersih dari kemungkinan munculnya rayap. Misalnya melakukan penyemprotan bahan kimia tertentu. Pengendalian hama sebelum memasang kitchen set akan memengurangi serangan.

2. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Bahan yang disarankan agar kitchen set anti rayap adalah multiplek atau bisa juga dengan kayu solid.
Jenis kayu yang disarankan sebagai bahan di antaranya adalah jati, melia, dan rosewood India. Pemakaian bahan ini sangat disarankan karena sifatnya aman, ramah lingkungan, tidak beracun, dan bisa diperbaharui.
Sebelum dibuat jadi kabinet, bahan ini perlu diawetkan dulu dengan pelapis, cat, dan pelitur. Pemakaian cat dan pelitur ini selain bisa mencegah datangnya hewan pemakan kayu, juga akan mempercantik tampilan.
Sebagai catatan, jika kayu yang dipakai tidak diberi pelapis, maka bagian dalamnya bisa digunakan sebagai sarang hewan pemakan kayu. Kalau demikian, Anda bisa menemukan khasiat ratu rayap di dalamnya.
Selain itu dari segi finishing usahakan menggunakan dempul dan juga cat duco. Hal ini dilakukan agar pori yang ada di kayu bisa tertutup. Perlu Anda ketahui juga jika bahan kimia yang ada di cat duco tidak disukai rayap sehingga pastinya akan menjadikan rayap menjauh. Material partikel board amat tidak disarankan untuk pembuatan kitchen set karena rayap begitu mudah merusaknya.

3. Pakai Cat Anti Lembab dan Jamur

Jika dari segi materialnya sudah tepat, lanjutkan dengan pemilihan catnya. Pemilihan cat yang disarankan adalah dengan cat anti lembab dan jamur. Dengan demikian maka kitchen set Anda akan bisa lebih tahan pada air dan kelembaban sehingga pastinya akan bisa senantiasa awet. Selain itu, kitchen set juga akan lebih kuat mengingat air tidak meresap dan melemahkan material. Rayap pun tidak akan masuk karena kondisi kitchen set yang tidak lembab.

4. Pelapisan Obat Anti Rayap

Lapisi kitchen set Anda dengan obat anti rayap, sehingga kitchen set akan lebih tahan terhadap serangan rayap.

5. Pencahayaan Optimal

Rayap suka tempat yang lembab dan gelap, maka rancang dapur Anda dengan banyak jendela atapun gunakan seng plastik agar ruangan dapur menjadi terang dan banyak cahaya matahari yang masuk sehingga dapur tidak lembab.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana