Langsung ke konten utama

Jumlah Startup di Indonesia Terbesar di ASEAN


startup


Startup adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti sebuah bisnis yang baru berkembang. Menurut Wikipedia, startup adalah merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Istilah startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com. Fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Namun di Indonesia pertumbuhan startup baru mengalami pertumbuhan pesat di tahun 2015.

Pada masa itu perusahaan sedang gencar membuka website pribadinya. Makin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang.

Ciri-ciri startup:


1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
3. Pendapatan kurang dari $100.000/tahun
4. Masih dalam tahap berkembang
5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
7. Biasanya beroperasi melalui website

Perkembangan Startup di Indonesia


Menurut Erik Meijer (Presiden Direktur Telkomtelstra), berkembangnya digitalisasi perekonomian menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis, khususnya dengan pertumbuhan startup berbasis teknologi dalam negeri yang terus berkembang dari sisi sektor bisnis maupun jumlah. Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah startup tertinggi dengan jumlah sekitar dua ribu startup.

Pertumbuhan startup ini juga diprediksi akan terus meningkat pada tahun 2020 sampai dengan  6,5 kali lipat yaitu sekitar 13000 startup (CHGR, 2016). Pesatnya pertumbuhan startup di Indonesia ini mengindikasikan pertumbuhan ekonomi negara kita yang kian menguat, serta membuktikan ketersediaan teknologi yang terus berkembang untuk mendukung pertumbuhan industri ini.

Erik juga menambahkan, para investor global mulai melirik Indonesia sebagai negara dengan potensi ekonomi digital yang tinggi. Berdasarkan laporan investasi dari Tech in Asia, pada kuartal II-2016, terdapat investasi senilai Rp 2,09 triliun kepada 28 startup di Indonesia.

Oleh karena itu bagi Anda yang saat ini ingin membuka wirausaha sendiri, ada baiknya Anda mengambil kesempatan emas ini dengan membuka sebuah startup baru.

Dalam mendirikan startup hal yang paling utama adalah sebuah tim yang solid, karena adanya tim solid dapat memunculkan ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

Fakta Pendiri Startup


Seperti yang dikutip di majalah Forbes, hasil riset Perusahaan Capital First Round terhadap 300 perusahaan dan 600 pendirinya menyebutkan bahwa perusahaan yang setidaknya memiliki satu pendirinya perempuan cenderung memiliki kinerja 63 persen lebih baik dibandingkan perusahaan yang semua pendirinya pria. Beberapa startup populer di Indonsia seperti GoJek, HijUp, dan Berry Kitchen memiliki pemimpin perempuan dalam timnya.

Hasil riset First Round Capital juga menyebutkan bahwa pendiri startup yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan teknologi besar seperti Google, Amazon, Microsoft ataupun Facebook cenderung memiliki kesempatan 160% lebih sukses dibandingkan startup lainnya.

Latar belakang pendidikan founder juga ikut mempengaruhi perkembangan perusahaan. Sebuah startup yang memiliki founder dengan latar belakang universitas ternama dan terbaik cenderung memiliki performa 220 % lebih baik dibandingkan startup yang tidak memiliki salah satu founder lulusan universitas terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana