Sebagian besar dari kamu mungkin tidak memiliki asuransi
mobil, tapi tahukah kamu dengan memiliki produk asuransi kendaraan bermotor, kamu
akan mendapatkan banyak manfaat, salah satunya jika terjadi kecelakaan kamu
bisa memindahkan resiko kehilangan uangmu kepada perusahaan asuransi melalui
mekanisme cara klaim asuransi mobil all risk.
Pengertian Klaim Asuransi
Klaim asuransi mobil adalah Klaim asuransi adalah upaya
nasabah untuk mendapatkan penggantian kerugian kepada perusahaan asuransi
terhadap sebuah risiko yang terjadi seperti kecelakaan atau pencurian pada
mobil yang diasuransikan.
Perbedaan Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk dan Klaim Asuransi TLO
1. Asuransi All Risk/ Comprehensive
Yaitu produk asuransi yang akan memberikan perlindungan
secara lengkap kepada mobil Anda terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh
tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat,
pencurian, hingga kebakaran.
2. Asuransi TLO (Total Loss Only)
Yaitu produk asuransi yang hanya memberikan perlindungan
atas kehilangan mobil atau kerusakan parah pada mobil. Dimana biaya
perbaikannya sama atau lebih dari 75%dari harga mobil.
Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk
Dalam hal ini pihak tertanggung akan mendapatkan jaminan
ganti rugi dari perusahaan asuransi jika tidak ada hal-hal yang dikecualikan
dalam polis asuransi.
Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk
1. Hubungi Pihak Asuransi Mobil
2. Siapkan Dokumen Yang Diperlukan
3. Bertemu dengan Surveyor dan Mengisi Formulir Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk
4. Datangi Bengkel Rekanan
5. Pihak Asuransi menerbitkan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel.
Lalu apa saja penyebab klaim asuransi mobil ditolak?
1. Pengajuan Klaim Terlambat
Ketika Anda ingin mengajukan klaim asurans mobil, tindakan pertama yang
harus dilakukan jika terjadi kerugian akibat kecelakaan yaitu melapor ke pihak
asuransi dengan jangka waktu maksimal yaitu 5 hari kalender sejak terjadinya
kecelakaan.
2. Perbaikan Sendiri Setelah Kecelakaan
Sebelum melapor, Anda tidak perlu berinisiatif untuk memperbaiki sendiri,
ataupun memanggil layanan bengkel siap-panggil langganan Anda. Karena jika
perbaikan sudah dilakukan, maka pihak perusahaan asuransi tidak bisa melacak
kronologi kejadian kecelakaan dan kerusakan yang terjadi
3. Pengendara Tidak Memiliki SIM
Pastikan pengendara memiliki SIM yang masih berlaku, serta pengendara
tidak berada di bawah pengaruh minuman beralkohol ataupun obat-obatan
terlarang, karena ini juga merupakan alasan mengapa klaim asuransi mobil anda
ditolak.
4. Kondisi Untuk Mobil Bekas
Jika Anda membeli mobil bekas yang telah dilengkapi asuransi mobil,
segera ajukan penggantian nama yang tertera di salinan polis asuransinya kepada
perusahaan asuransi, dari pemilik lama menjadi nama Anda. Ini sangat penting
dilakukan karena pihak asuransi akan menolak pengajuan klaim dengan nama
kepemilikan yang berbeda
5. Pelanggaran Aturan
Perhatikan juga untuk tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, kebut-kebutan
di jalan, sebelum kecelakaan, atau parkir bukan pada tempat yang semestinya
merupakan salah satu penyebab klaim asuransi mobil ditolak.
Mengalihfungsikan
mobil dari kendaraan pribadi menjadi mobil angkutan penumpang atau barang, atau
semacam taksi online juga merupakan penyebab klaim asuransi ditolak.
Komentar
Posting Komentar