Langsung ke konten utama

Ini Lho Fakta-Fakta Lantai Teraso, Sudah Tau?


Ini Lho Fakta-Fakta Lantai Teraso, Sudah Tau?

Anda tentu sudah tidak asing dengan lantai teraso bukan? Lantai yang terbuat dari campuran semen, pecahan marmer dan pasir cukup banyak digunakan orang. Warna dan motifnya yang unik menjadi alasan lantai ini memiliki penggemar yang cukup besar. Selain itu, lantai ini juga tergolong cukup kuat dan relatif terjangkau jika dibandingkan dengan marmer atau granit.

Lantai teraso sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu lantai berpermukaan halus yang terbentuk dari pecahan marmer halus dan teraso berpermukaan kasar yang terbuat dari pecahan marmer kasar.

Sejarah Teraso

Kata teraso berasal dari bahasa Italia terrazza yang berarti teras atau penutup lantai depan rumah. Lantai ini terbuat dari limbah tambang marmer yang diolah kembali sehingga menjadi alternatif sebagai lantai penutup. Di negara asalnya, teraso mulai diproduksi sejak tahun 1920.

Di Indonesia, masuknya teraso dipengaruhi oleh bangsa Belanda. Mereka membawa teraso beserta teknik pembuatannya ke Indonesia dan mulai membuka industri ini pada tahun 1957. Selanjutnya produk ini mulai digemari pada tahun 1970-1980, terlihat dari terus bermunculannya pabrik teraso di seluruh Indonesia. Motifnya pun mulai beragam, mulai dari serpihan batu alam, serpihan kaca, hingga kepingan kerang laut.

Pada saat itu, teraso dianggap memiliki prestige yang tinggi karena masih banyak orang yang menggunakan ubin semen sehingga peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan.
Kepopuleran teraso mulai menurun sejak lantai keramik masuk ke pasar Indonesia di tahun 1980-an. Masyakat lebih memilih keramik karena motifnya yang lebih beragam dengan harga yang lebih kompetitif.

Karakteristik Lantai Teraso

Karakteristik utama lantai teraso adalah motifnya yang menyerupai pecahan batuan. Ukuran, bentuk, serta warnanya yang tidak seragam membuat permukaan lantai terlihat unik. Material yang menggunakan bahan sisa juga membuatnya lebih ramah lingkungan.

Selain itu, lantai teraso juga dapat menyesuaikan suhu lantai sesuai dengan suhu ruangan. Misalnya, saat cuaca panas maka lantai akan memberikan kesan dingin, begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh faktor porositas serta sifat menyerap cahaya pada lantai teraso.

Daya tahan lantai teraso juga dapat dikatakan baik. Material yang terdiri dari pecahan batu marmer, semen dan pasir membuat kekuatan lantai ini tidak perlu diragukan. Karena faktor ini pula, teraso banyak digunakan pada hotel, kantor, hingga pabrik.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai lantai teraso. Bagaimana, tertarik menggunakan teraso untuk hunian Anda?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Broker Asuransi Terbaik di Indonesia

Jika Anda bingung dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda, maka menggunakan jasa broker asuransi terbaik di Indonesia merupakan pilihan yang tepat, karena dengan menggunakan jasa broker asuransi dapat membantu Anda menghemat waktu dan berkonsentrasi pada pekerjaan Anda,  Anda juga tidak perlu mengisi Application form dan Anda dapat memperoleh pelayanan gratis dalam hal analisa risiko, pencegahan kerugian, pemeriksaan polis dan lain-lain. Broker asuransi adalah suatu badan hukum yang dibentuk untuk membantu masyarakat dalam membeli produk asuransi, dan mendampingi pada saat terjadi klaim, dimana masyarakat tertanggung sangat awam dengan kondisi dan persyaratan polis asuransi dan disisi lain pihak perusahaan Asuransi sangatlah paham. Tips memilih Broker Asuransi Terbaik di Indonesia: 1. Perhatikan kredibilitas perusahaan broker asuransi tersebut Apakah kredibilitas perusahaan broker tersebut baik atau tidak, perhatikan juga kualitas dan pelayanan yang diberika…

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca
Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Nggak Kalah Kece, 4 Tempat Wisata Sentul Ini Wajib Anda Datangi!

Belum tau mau pergi kemana akhir pekan ini? Mau coba pergi ke tempat baru tapi bingung mau kemana?
Dilansir dari Olympic Residence, ada beberapa tempat wisata Sentul yang bisa menjadi referensi untuk mengisi akhir pekan Anda dan keluarga. Selain karena suasananya yang masih sejuk dan asri, tempat-tempat ini juga memiliki spot-spot foto menarik lho.
Penasaran dimana saja tempat tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Sentul Paradise ParkTempat wisata di Sentul yang satu ini cukup instagramable dan dibuka untuk umum. Salah satu spot foto yang menarik di sini adalah hutan pinus. Ada juga air terjun yang menjadi daya tarik utama para pengunjung.
Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa mencoba wahana flying fox dan bermain air di kolam renang yang tersedia. Nah setelah lelah bermain, Anda bisa makan di restoran yang ada di Sentul Paradise Park.
Villa Aman D'siniSesuai namanya, Villa Aman D'sini adalah sebuah villa dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk dekat perkotaan. S…