Langsung ke konten utama

Inspirasi: 5 Tips Desain Scandinavian Untuk Rumah Mungil



Gaya hunian Scandinavian tengah populer saat ini, pasalnya harga rumah yang kian meroket memaksa masyarakat menengah untuk memilih hunian dengan ukuran yang cenderung kecil. Banyak pula orang yang mulai menerapkan konsep ini pada hunian mereka dengan alasannya selain lebih modern, Scandinavian style juga memberikan efek luas pada ruangan.

Gaya Scandinavian berasal dari gaya hidup orang-orang di negara Scandinavia (Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia) dalam menata rumah. Desain ini pun akhirnya mulai diperkenalkan secara global pada pameran desain di Amerika dan Kanada sekitar tahun 1950-an.

Nah untuk Anda yang sedang cari inspirasi mendesain ruangan kecil agar terlihat rapi namun berfungsi secara maksimal, berikut inspirasinya.

Cat Tembok Berwarna Netral
Gaya Scandinavia terkenal dengan gayanya yang simpel dan tidak banyak menggunakan warna. Untuk mendukung kesan ini, gunakan cat tembok berwarna putih atau netral. Selain itu, warna-warna ini juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan sehingga bisa menyamarkan ukuran ruangan yang sempit.

Furnitur Multifungsi Adalah Kuncinya!
Dengan fokus Scandinavia yang mengutamakan kesederhanaan, furnitur yang tidak menghabiskan banyak ruang dan juga multi fungsi adalah kunci utamanya.

Lantai Parrquet Jadi Poin Penting
Memberikan kesan lebih natural, lantai parquet berserat searah adalah pilihan tepat untuk gaya scandinavian karena memberikan efek ruangan terasa lebih panjang ke arah tertentu. Selain itu, lantai parquet juga mampu menetralkan dinginnya warna dinding netral seperti putih atau abu-abu sehingga dengan penggunaan parket sebagai pelengkap desain.

Tiap Sudutnya Adalah Ruang yang Berharga
Bukan hanya furniturnya saja yang fungsional, seluruh sudut rumah juga harus difungsikan dengan baik. Misalnya, ruangan di bawah tangga. Meski tidak terlalu luas, space ini juga harus bermanfaat. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat rak di bawah tangga.

Pencahayaan
Pencahayaan merupakan salah faktor yang mempengaruhi efek luas pada ruangan. Orang-orang Scandinavia lebih menyukai konsep rumah dengan pencahayaan alami. Hal ini diwujudkan dengan penataan jendela yang besar sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan dengan mudah. Meski begitu, Anda juga tidak boleh melupakan penataan lampu. Pilihlah desain lampu yang menarik dan unik.

Sumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana