Langsung ke konten utama

Sebelum Beli Rumah? Simak Dulu Syarat KPR Berikut ini!



Kredit Pemilikan Rumah atau disingkat KPR adalah salah satu metode pembayaran yang sering dipilih masyarakat untuk menyelesaikan pembayaran rumah. Maklum harga rumah selalu naik, dan kenaikan gaji pun tidak sebanding dengan kenaikan harga rumah.

Saat ini sudah banyak bank penyedia program KPR. Namun, jika Anda berminat untuk menggunakan fasilitas ini, pastikan Anda melengkapi syarat KPR dan aturannya.

Syarat Mengajukan KPR
1. Warga Negara Indonesia Berdokumen Resmi
Sebagai bukti bahwa Anda adalah warga negara Indonesia, Anda harus memiliki dokumen identitas resmi seperti KTP, KK, akta lahir, dan SKCK. Selain itu, calon pembeli harus berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.

Usia pemohon kredit sangat menentukan maksimum jangka waktu KPR yang akan diajukan. Usia minimum untuk mengajukan KPR adalah 21 tahun atau sudah menikah. Untuk pemohon dengan usia 40 tahun kebawah akan mendapatkan jangka waktu kredit sampai dengan 15 tahun. Sedangkan untuk pemohon diatas 40 tahun waktu kredit akan dihitung berdasarkan usia produktif, yaitu 55 tahun atau 60-65 tahun untuk pengajar hingga Guru Besar.

2. Memberikan Slip Gaji dan Bukti Bebas Hutang
Dokumen lain yang perlu dilengkapi adalah slip gaji dan bukti bebas hutang. Jika memiliki hutang, Anda sebagai pemohon harus mempertimbangkan jumlah cicilan rumah yang diajukan dengan tanggungan yang sudah dimiliki.

Informasi mengenai pekerjaan pemohon KPR sangat penting menyangkut masa kerja, jenis pekerjaan tetap atau tidak. Masa kerja yang diperbolehkan untuk mengajukan KPR adalah minimal 2 tahun dan sudah melewati masa percobaan (menjadi karyawan tetap). Gaji seorang pemohon KPR digunakan pihak bank sebagai perhitungan kredit atau kemampuan membayar kredit. Rata-rata bank menilai besar angsuran adalah 30-33% dari total gaji. Gaji yang diperhitugkan adalah gaji bersih (take home pay) yang bersifat rutin.

Selain slip gaji dan bukti bebas hutang, Anda wajib melampirkan laporan pajak dan NPWP sebagai pertimbangan bank. Jika memiliki kartu kredit, maka rekam jejak pembayarannya juga akan menjadi referensi tambahan. Ketepatan pembayaran kartu kredit menandakan disiplin customer yang ideal.

3. Performa Maksimal Saat Proses Wawancara

Selain kelengkapan dokumen, selanjutnya akan dihadapkan pada tahap wawancara tatap muka dengan pihak bank. Tahapan ini merupakan survei lanjutan atas pengajuan dan prosedurnya pun bisa berbeda tiap bank. Jadi, pastikan Anda memberikan performa yang maksimal saat bertemu dengan pihak bank.

Jawab pertanyaan seputar kondisi keuangan dengan tenang dan jujur. Pastikan seluruh jawaban valid dan bisa dibuktikan dengan keberadaan dokumen. Tidak hanya menjawab, bisa juga menanyakan hal - hal terkait sistem pembayaran terhadap pihak bank agar segala informasi sudah diketahui secara detail sebelum benar - benar deal.

4. Proses Pembayaran Awal
Namanya juga kredit rumah, pastilah Anda harus mempersiapkan dana untuk membayar uang muka atau DP rumah. Membayar DP rumah besar atau kecil tentu ada kekurangan dan kelebihannya. Biasanya developer mematok DP rumah sebesar 30%. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan biaya-biaya lainnya seperti biaya apprasial (survey), provisi bank, administrasi, dan pajak.

Itulah beberapa syarat mengajukan KPR saat membeli rumah. Kabar baiknya, fasilitas ini juga bisa Anda gunakan saat membeli unit di Perumahan Cluster H City Sawangan. Kapan lagi punya rumah nyaman dengan modal sedikit? H City Sawangan memberi kemudahan untuk Anda. Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana